Langsung ke konten utama

Lima Kutipan Terkenal Arsene Wenger


Tidak ada seorangpun fans Arsenal yang tidak mengenal Arsene Wenger. Manajer yang berumur 63 tahun ini sukses mempersembahkan gelar terbanyak dan juga mencetak pemain-pemain berbakat untuk Arsenal.

Manajer berkebangsaan Prancis ini juga terkenal dengan kedisiplinan tinggi terhadap anak didiknya serta berbagai filosofi yang ia bangun. Beberapa kutipan yang terkenal dari Wenger antara lain;

"Everyone thinks they have the prettiest wife at home."
(setiap orang pasti berfikir jika istrinya adalah yang paling cantik di rumah mereka)
kalimat ini diucapkan oleh Wenger untuk merespon klaim Sir Alex Ferguson pada bulan Mei 2002 yang menyebut Manchester United sebagai klub terbaik saat itu.

"He can only cheat."
(dia hanya bisa bermain curang)
Ucapan ini keluar dari Wenger pada bulan Desember 2004 ditujukan untuk Ruud Van Nistelrooy dan karena ungkapan inilah dirinya didenda 15 ribu pounds.

"A football team is like a beautiful woman. When you do not tell her, she forgets she is beautiful."
(sebuah tim sepakbola itu bagaikan seorang perempuan, ketika kita tidak mengatakannya secara langsung, dirinya akan lupa kalau dia itu cantik)
kalimat yang mengungkap salah satu rahasia Wenger dalam membentuk tim yaitu pentingnya membangun moral dan hal ini bisa dilakukan dengan memberikan ucapan dan pujian kepada pemain secara langsung.

"At some clubs success is accidental. At Arsenal it is compulsory."
(dalam beberapa klub, kesuksesan muncul tanpa sengaja, namun di Arsenal, sukses adalah kewajiban)
ini jawaban Wenger tentang harapannya terhadap Arsenal disetiap musim Premier League.

"We do not buy superstars. We make them."
(kita tidak membeli pemain bintang, tapi kita mencetak pemain bintang)
Wenger menunjukkan filosofi penting yang dilakukannya di Arsenal, yaitu membeli pemain muda dan membuatnya menjadi pemain kelas dunia seperti yang dia lakukan kepada Patrick Vieira, Nicolas Anelka dan Cesc Fabregas.

Sumber 

Komentar