Langsung ke konten utama

Instagram Luncurkan Fungsi Share Video

Berita bagus bagi para pengguna Instagram, kini Instagram tak hanya mampu berbagi foto saja.


Pada hari Kamis lalu, perusahaan yang kini merge dengan Facebook tersebut mengumumkan 130 juta pengguna bulanannya sekarang akan mampu merekam dan membagikan video yang berdurasi 15 detik, yang dilengkapi dengan 13 filter khusus.
Fitur video tersebut saat ini tersedia untuk semua pengguna iOS dan Android Instagram di seluruh dunia serentak sejak Kamis dalam update gratis Instagram yang ada. Tampilan dasar dari aplikasi ini  sama, tapi sekarang terdapat ikon film kecil yang telah ditambahkan yang akan membawa anda ke mode video.
Perubahan tersebut diumumkan oleh Instagram co-founder dan CEO Kevin Systrom selama acara pers di markas Facebook, yang membeli Instagram tahun lalu.
"Sebenarnya semua ini tak mengubah apapun dari Instagram kenal dan cintai, tetapi hanya membuatnya dapat bergerak," kata Systrom.
Fitur video-sharing secara luas ini diharapkan dan menempatkan Instagram dalam kompetisi langsung dengan Vine, aplikasi populer milik Twitter yang memungkinkan pengguna berbagi klip video looping selama enam detik. Popularitas Vine telah meroket dalam enam bulan sejak diluncurkan, dan telah menarik lebih dari 13 juta pengguna. Banyak video dengan durasi enam detik itu memiliki tampilan yang unik, dilengkapi fitur pemotongan cepat dan animasi stop-motion untuk menceritakan kisah kecil yang unik.
Pada Instagram, video dapat diunggah dengan durasi antara tiga dan 15 detik panjang dan menyertakan sejumlah klip video lain. Tapi fiturnya yang paling keren mungkin setelah anda merekam video: 13 filter baru, yang diciptakan oleh seorang seniman khusus untuk Instagram video. Terdapat tweak biasa untuk membuat pop video, seperti menambahkan sketsa, upping kontras dan bermain dengan warna. Ada juga fitur image stabilization yang menstabilkan proses perekaman video yang goyang.
Untuk saat ini, video hanya bisa direkam dari dalam aplikasi Instagram, dan tidak ada cara untuk meng-upload video yang ada dari kamera ponsel Anda.
Batas 15 detik terpilih setelah pengujian waktu yang berbeda, kata Systrom, yang menyebutnya keseimbangan yang tepat "diantara jeda ynag tidak terlalu pendek sehingga membatasi kreativitas anda" dan tidak membuatnya begitu lama ketika anda meng-upload filenya.
Dalam dua setengah tahun, Instagram telah mengumpulkan 16 miliar foto, kata Systrom. Terdapat pengguna yang kira-kira mengupload 1 miliar foto tiap harinya, dan 130 juta orang menggunakan layanan ini setiap bulan, katanya.
"Ini adalah cara yang ampuh untuk belajar tentang konsep-konsep baru, ide-ide dan penyebab yang menggerakkan dunia maju dalam cara yang yang signifikan," katanya. "Ini merupakan keyakinan kolektif kita bahwa dunia lebih baik dikumpulkan menjadi satu dan berbagi secara permanen."
Tidak mau kalah, Vine tampaknya akan menyiapkan beberapa fitur baru sendiri. Pendiri app tersebut memposting beberapa Vines pada hari Rabu yang nampaknya mengisyaratkan pengguna akan segera memiliki fitur untuk menyimpan konsep, menyambung beberapa Vinesnya bersama-sama dan mencari Vines berdasarkan kategori dan genre.
Video-sharing adalah langkah terbaru dalam upaya Facebook untuk menaklukkan dunia perangkat mobile. Perusahaan ini telah bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan dari iklan mobile, yang kini mencapai 30% dari pendapatan iklan perusahaan.

Sumber

Komentar