Langsung ke konten utama

6 Tanda Virus Menjangkit Komputer Anda


Virus baik yang nyata maupun maya memiliki banyak kesamaan. Sebagai permulaan, mereka sangatlah sulit untuk ditangkap. Cacar, Stuxnet, Conficker, atau pilek biasa, kita semua tentu sepakat bahwa terlepas dari apakah mereka berada di tubuh anda atau PC anda, virus secara umum amat mengerikan. Kedua, kedua jenis virus dapat dihindari dengan tindakan pencegahan yang tepat, kemungkinan besar anda masih akan terjangkit salah satunya. Dan terakhir, seperti mengenali infeksi virus dalam tubuh anda, mengetahui apakah PC anda telah terinfeksi dapat diketahui gejalanya. Jadi, sebagai netizens yang prihatin atas kesejahteraan umat netizen,(ehem) saya mengumpulkan daftar gejala virus komputer dari berbagai sumber untuk membantu anda mendiagnosa masalah yang mungkin anda alami.

Iklan Pop-Ads

Tentu bagi para netizen tak asing dengan yang satu ini. Satu menit kala anda tengah sibuk dengan urusan anda sendiri, atau tengah asik berbicara dengan teman anda secara online melalui chatroom dan kemudian BAM! muncul jendela mencolok muncul memberitahu anda bahwa anda pengunjung ke berapa juta dalam situs ini, dan ada tulisan CLICK HERE TO CLAIM YOUR PRIZE!


Untungnya, masa-masa kelam itu telah kita lewati (fiuh). Karena kini sebagian besar browser modern sekarang memiliki popup blocker, jadi pop-up tak menjadi masalah lagi jika browser anda up to date. Sesekali pop up mungkin masih muncul jika anda mengklik sekitar situs tak jelas, tapi sangat tidak mungkin anda akan menemukannya di banyak situs secara online. Jika anda mendapatkan banyak pop-up saat anda sedang browser, kemungkinannya adalah konfigurasi buruk pada browser anda. Sesuaikan pengaturan anda dan masalah pun tersatasi.
Apa yang anda benar-benar harus khawatirkan adalah jika anda masih mendapatkan pop-up saat browser anda bahkan tidak terbuka?? Jika itu yang terjadi, kemungkinan besar bahwa anda memiliki virus pada sistem anda. Yang paling umum adalah iklan yang mengatakan sesuatu seperti “Alert! your computer might be infected with a virus” dan kemudian menawarkan perangkat lunak gratis untuk memperbaikinya. Tolong jangan sampai anda percaya ataupun klik karena sebenarnya anda hanya akan men-download lebih banyak virus dan malware. Untuk menghilangkan atau mencegahnya anda bisa memakai antivir seperti Avast atau Spybot yang menyediakan layanan blokir pop-up.

Akun Yang Dihack dan Pesan Aneh

Sama seperti virus dunia nyata, virus komputer memiliki sebuah misi untuk menyebarkan dan menginfeksi mesin sebanyak mungkin, dan sering cara mereka melakukan ini adalah dengan membajak email, IM, atau akun media sosial dan mengirim pesan malware untuk kontak anda. Hal ini sulit untuk dideteksi kadang-kadang, karena kebanyakan dari kita terus melihat inbox kita, tapi jarang memeriksa outboxes kita. Lebih sering atau tidak, anda melihat ada pesan masuk atau terkirim pada anda secara aneh seperti link dsb lalu secara sadar atau tidak anda mengkliknya, maka ada kemungkinan anda telah di-hack. Awasi terus pesan terkirim pada setiap platform yang anda gunakan dan pastikan anda mengubah password account anda jika anda melihat sesuatu yang tidak anda tulis sendiri.

Peringatan Terkunci

Jadi anda sedang mengerjakan sesuatu pada PC anda, sedang chatting ini itu atau mengedit gambar kucing lucu GIF anda atau sedang membuat MEME (o_O). Tiba-tiba, sebuah pesan resmi muncul di layar anda, menginformasikan bahwa komputer anda telah dikunci karena aktivitas ilegal anda (i can't see it in Indonesia yay!!), dan  anda mungkin harus membayar biaya untuk mendapatkan kembali kontrol atas komputer anda. Jangan khawatir, jenis pesan ini hanyalah omong kosong. Anda tidak melakukan sesuatu yang ilegal mengedit kucing GIF dan membuat MEME tidak ilegal!


Dan jangan pernah mengklik apapun kecuali tanda X pada komputer anda atau langsung aktifkan antivirus yang anda gunakan. Karna ketika anda mengklik sesuatu dikhawatirkan akan memperbanyak virus atau ransomware tersebut.

Crashing,Freezing,dan LEMOT

Ketika sistem operasi anda mengalami crash, atau pada layarnya freeze, dan bergerak sangat lambat (yang paling sering saya alami :'( ) bisa disebabkan oleh konfigurasi yang buruk, ini kadang-kadang dapat juga mengindikasikan bahwa PC anda terinfeksi dengan malware. Cara terbaik untuk mengetahui benar atau tidaknya terkena virus adalah dengan menunggunya. Jika komputer anda secara bertahap jadi lebih lambat dari waktu ke waktu dan sekarang telah mencapai titik di mana kadang-kadang  berhenti, mungkin hanya karena anda belum melakukan pemeliharaan sistem anda secara rutin.
Tapi jika komputer anda berjalan dengan lancar dan tiba-tiba menjadi laggy/lemot/lola, lambat, dan tidak responsif, maka ada kemungkinan bahwa perangkat lunak berbahaya atau viruslah penyebabnya. Virus sering menjalankan tugas-tugas yang mengambil banyak sumber daya dan membuat sistem anda berjalan lebih lambat dari biasanya. Cobalah membuka Task Manager untuk melihat apa saja yang berjalan. Jika itu tidak berhasil cobalah dengan antivirus atau instal ulang.

Beberapa Fungsi Tak Berjalan

Sebagian besar sistem operasi besar memilki standar dilengkapi task manager yang memungkinkan anda untuk melihat apa yang PC anda lakukan pada saat tertentu. Untuk pengguna windows, ini dapat diakses dengan kontrol + alt + delete, sedangkan pengguna Mac dapat membuka Spotlight (command + spasi) untuk menemukan / membuka program Activity Monitor. Fungsi ini akan memberikan informasi tentang program apa yang sedang berjalan pada komputer anda, dan tentunya anda harus selalu dapat mengaksesnya. Jika karena alasan tertentu anda tidak bisa menjalankan task manager anda (atau fungsi dan layanan diagnostik lainnya) dibuka, ada kemungkinan komputer anda terinfeksi virus yang tidak mudah ditemukan.
Jika ini terjadi, jalankan program antivirus anda jika bisa. Jika anda tidak bisa (mungkin karena virus memblokirnya juga), maka anda mungkin anda harus berusaha untuk menggunakan alat penghapusan virus secara terpisah.

Tak Ada Masalah

Bahkan jika segala sesuatu tampak tenang dan komputer anda berjalan tanpa masalah, selalu ada kemungkinan bahwa sistem anda menyimpan sepotong virus atau malware yang tak anda sadari. Sebagai aturan umum, semakin maju virus, semakin rendah kemungkinan anda menemukan infeksinya. Pikirkan tentang hal ini jika anda adalah cybercriminal kelas berat, anda mungkin akan merancang virus yang orang bisa dengan mudah mendeteksi dan memusnahkannya, atau akan membuatnya secara praktis tak terlihat?
Beberapa virus yang paling canggih di dunia telah ditemukan untuk menyertakan perangkat lunak yang benar-benar menghapus file atau software berbahaya lainnya yang mungkin akan menyebabkan virus scanner mengirim bendera merah. Karena para penjahat cyber terus meningkatkan permainan mereka, maka semakin mungkin bahwa anda bahkan tidak akan melihat komputer anda terjangkit virus, sehingga pikirkan baik-baik, anda tidak harus selalu berasumsi bahwa anda tidak terinfeksi hanya karena sistem anda berjalan lancar. Pada akhirnya, cara terbaik untuk menjaga PC anda  bebas virus dan malware adalah dengan memberikan pemeriksaan teratur menggunakan program antivirus yang baik, dan selalu memastikan bahwa sistem operasi anda up to date.

Sumber

Komentar