Langsung ke konten utama

Gaya Hidup Tak Sehat Yang Patut Dihentikan


Kesehatan memang anugerah dari Tuhan. Oleh karena itu, kita wajib menjaganya untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. Kendati demikian, banyak dari kita yang seringkali menyepelekannya dengan menjalani gaya hidup semau sendiri tanpa berpikir panjang tentang akibat yang ditimbulkannya. Berikut ini beberapa kebiasaan tak sehat yang dapat mengganggu kesehatan.


1. Merokok


Semua orang sudah tahu akibat negatif rokok terhadap kesehatan. Selain rawan terserang penyakit paru-paru dan tekanan darah tinggi, rokok juga berpotensi mengakibatkan gangguan jantung. Namun kebiasaan buruk satu ini seolah sangat sulit untuk dihentikan. Pasalnya, rokok sendiri mengandung zat adiktif yang mengakibatkan penghisapnya kecanduan, meski telah berusaha keras menghentikannya. Jadi jika sudah memahami bahaya rokok, keputusan untuk tidak merokok ada di tangan Anda sendiri.

2. Tidak Sarapan


Membiasakan diri untuk tidak sarapan pagi hanya akan membuat Anda semakin rakus di siang hari. Selain itu, kebiasaan ini cenderung memunculkan keinginan untuk mengkonsumsi makanan maupun minuman yang serba manis. Tak hanya beresiko obesitas, gaya hidup seperti itu juga bisa memicu gula darah naik sehingga rawan terhadap penyakit diabetes. Maka dari itu, jika tak sempat menyantap makanan di pagi hari, alangkah lebih baiknya jika Anda membawanya sebagai bekal untuk dimakan selama dalam perjalanan atau setiba di tempat tujuan.

3. Gemar Minuman Bersoda


Tahukah Anda bahwa kecanduan minum minuman bersoda dan berpemanis buatan tak hanya bisa mengikis gigi semata. Lebih parah, kebiasaan mengkonsumsi soda lebih dari sebotol per hari bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Tak ada larangan meminum jenis minuman ini, namun alangkah baiknya jika diri kita sendirilah yang membatasi asupannya. Terlebih jika kita mengganti minuman buatan tersebut dengan air putih. Hal itu justru akan memberi lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Kecanduan Alkohol


Meminum alkohol dengan takaran tertentu tentu memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun kesehatan justru akan terganggu jika kita sudah mulai kecanduan terhadap minuman keras tersebut. Alkohol tak hanya mampu merusak saraf otak dalam jangka panjang, namun liver kita juga terancam rusak. Lebih lanjut, alkohol bisa menyebabkan kekurangan gizi, menurunkan ketahanan tubuh, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

5. Ketergantungan Pada Obat Tidur


Jika mata tak juga mau terpejam meski hari sudah sangat larut, cobalah mengubah gaya hidup Anda. Anda tak perlu tergantung kepada pil tidur untuk mengatasi insomnia. Pasalnya, jika pil tidur dikonsumsi terus-menerus dalam jangka waktu panjang, maka pil tersebut bisa merusak liver Anda. Akan lebih murah, mudah dan menyehatkan, jika Anda mengganti pil tidur dengan menjadwalkan untuk berolahraga selama 15-30 menit per hari guna mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sumber

Komentar