Langsung ke konten utama

Sejarah Singkat Google

Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Keuntungan dari AdWords merupakan hampir seluruh keuntungan perusahaan ini. Google tak hanya unik dari asal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yang unik.




Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda di Universitas Stanford pada tahun 1995 lalu. Larry Page (22, lulusan Universitas Michigan, mempertimbangkan untuk sekolah di sana), Larry yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan dipertemukan dengan Sergey Brin (21, ditunjuk untuk mendampinginya berkeliling).

Sejak pertemuan tersebut, mereka sering terlibat diskusi panjang. Keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan. Menurut beberapa sumber, mereka tidak sepakat hampir dalam segala hal saat pertama kali bertemu. Namun, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan unik dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yakni, masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.

Akhirnya pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Larry dan Sergey memutuskan bahwa mesin telusur BackRub memerlukan nama baru. Setelah bertukar pendapat, mereka akhirnya menggunakan nama Google (plesetan kata “googol”), sebuah istilah matematika untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100 nol yang diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Penggunaan istilah itu mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah informasi di web yang terasa tidak terbatas.

Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google. Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Google mengajukan pembentukan badan hukum di California pada tanggal 4 September 1998. Tak lama kemudian, Larry dan Sergey membuka rekening bank dengan nama perusahaan yang baru dibuat itu dan menyetorkan cek Andy Bechtolsheim, karena pada saat menerima cek dari Andy, Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Perkembangan sejak perusahaan ini dibuka telah mencetuskan berbagai macam produk, Merger, dan persekutuan dibalik mesin pencari perusahaan ini. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas online diantaranya email, paket aplikasi perkantoran, dan situs jejaring sosial. Produk Google juga diperluas ke komputer pribadi, dengan aplikasi untuk menjelajah web, mengatur & menyunting foto, and pesan instan. Google memimpin perkembangan dari Android, sistem operasi mobile, juga Google Chrome OS sistem operasi berbasis web, yang ditemukan pada netbook khusus yang dinamakan Chromebook.

Google telah diperkirakan sudah menjalankan satu juta server di pusat data di seluruh dunia, dan telah memproses lebih dari satu milyar pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte data dari pengguna setiap hari, dan masih akan terus berkembang.

Komentar