Langsung ke konten utama

Buah Tin, Buah Dari Surga


Apakah anda pernah mendengar buah yang satu ini?
Buah tin namanya, di dalam Al-Qur'an pun terdapat surat tentang buah ini. Tetapi kita jarang atau bahkan ada yang belum melihat buahnya. Di Indonesia memang masih segelintir orang yang mencoba mengembangbiakannya. Buah yang konon berasal dari surga dan kaya akan manfaat. Manfaat buah tin ini sangat banyak untuk kesehatan karena di dalamnya terkandung berbagai nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan.


Namun apakah anda pernah melihat buah ini di Indonesia? Buah tin ini sangat langka di Indonesia, jika anda pergi ke Karawang, ada salah satu tempat pembibitan buah tin, bertempat di Telukjambe, tempat pembibitan ini mengembangbiakan bermacam-macam pohon tin yang memang memiliki banyak varietas. Buah tin merupakan buah yang produktif karena terus menerus berbuah tanpa mengenal musim. Pohon buah tin juga memiliki keunikan, ia berbuah tetapi tidak berbunga.


Banyak manfaat yang dimiliki oleh buah tin. Buah tin mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. Kandungan coumarin dalam buah tin dapat mengurangi resiko kanker prostat. Buah tin juga mengandung kalsium untuk mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi membuat buah tin dapat dimakan sebagai alternatif asupan kalsium bagi orang yang alergi terhadap produk susu.

Kandungan trytophan-nya dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik. Pektin yang terdapat di dalam buah tin pun dapat membantu mengurangi kolesterol darah. Buah tin sangat efektif untuk proses penurunan berat badan karena kaya serat.

 Jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar. Rajin mengkonsumsi buah tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak, dan mencegah anemia. Efek pencahar yang terkandung dalam buah tin dapat membantu mengobati sembelit kronis. Buah tin kaya akan fenol dan benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, virus dalam tubuh manusia.


Sebenarnya masih banyak lagi khasiat dan manfaat buah tin bagi kesehatan kita. Buah tin juga sering sekali diolah menjadi minuman hangat yang kaya akan manfaat seperti teh. Yang digunakan bukan buahnya, melainkan daun dari buah tin. Caranya juga sangat mudah, rebus daun buah tin yang sudah cukup tua. Tiriskan terlebih dahulu getah yang ada pada daun buah tin tersebut, kemudian cuci sampai bersih dan kemudian jemur di bawah sinar matahari penuh. Jemur kira – kira 3 jam dan kemudian cek apakah sudah kering dan bisa di remas  dan hancur. Jika belum silahkan anda jemur kembali. Setelah kering ambil dan seduh menggunakan air panas dan sedikit gula.

Komentar