Langsung ke konten utama

5 Mobil Kencang Asal Jepang


Jepang adalah salah satu negara di dunia yang diisi produsen mobil yang rajin melahirkan mobil anyar tiap tahunnya. Tapi diantara puluhan model mobil baru yang lahir tiap tahun di Jepang, lima mobil ini bisa dibilang adalah yang paling menarik perhatian. Berikut 5 mobil kencang Jepang terbaik versi Carbuzz:

Nissan GT-R


Mobil ini bisa dibilang adalah mobil pembunuh. Tampangnya memang tidak seeksotis mobil-mobil super asal Eropa, tapi untuk kekuatan, Nissan GT-R berani mengadu dirinya. Kekuatan dan kemampuan dirinya itu seolah menjadi kelebihan selain harganya yang masih dibawah mobil-mobil sport keluaran benua lain.

Lahir pada 2007 silam, Nissan GT-R seolah menjawab keraguan para pecinta Skyline yang menjadi pendahulunya. Namun seiring waktu, GT-R mampu membuktikan semuanya. Pada Nissan GT-R model tahun 2013, mobil ini datang dengan beberapa perubahan. Selain tampangnya yang lebih segar, respon mesin juga dibuat lebih cepat dengan kemampuan melahirkan tenaga sampai 542 bhp dari mesin V6 twin-turbo berkapasitas 3.8 liter yang digendongnya.

Acura/Honda NSX


Acura NSX bisa dibilang sebagai salah satu mobil paling eksotis yang pernah diproduksi oleh produsen mobil Jepang. Beberapa penghargaan pun pernah direbut mobil ini.
Dilihat sekilas pandang saja, mungkin banyak yang akan menyangka kalau mobil ini adalah sebuah mobil Italia. Tapi, ini adalah mobil Jepang.

Mesin yang digendong mobil ini saja tidaklah terlalu besar untuk ukuran mobil sport yakni hanya mesin V6 berkapasitas 3.0 liter yang mampu melahirkan tenaga hingga 280 hp. Sasis mobil ini dikatakan dirancang sebagiannya berkat masukan dari pembalap legendaris Ayrton Senna. Produksi mobil ini pun terbilang lama yakni dari 1990-2005.

Lexus LFA


Berbicara mengenai mobil kencang Jepang di era masa kini, maka Lexus LFA adalah yang terbaik. Ini adalah supercar pertama Jepang yang hanya diproduksi dalam jumlah sangat terbatas, 500 unit.

Mobil ini lahir ke dunia pada 15 Desember 2010 silam. Hampir tepat dua tahun sejak pertama kali dilahirkan itu, tepatnya pada 14 Desember 2012 lalu, produksi terakhir mobil ini selesai setelah LFA berkelir putih keluar dari pabrik. Selama dua tahun diproduksi, Lexus hanya membuat 500 unit LFA di fasilitas produksi khusus di Pabrik Motomachi di Prefektur Aichi di Jepang. Di pabrik tersebut, 170 pekerja merakit mobil ini secara hand made yang membuat jumlah produksinya jadi sangat terbatas, hanya 1 unit LFA yang diproduksi setiap harinya.

Di balik tubuhnya, ada mesin V10 yang berkapasitas 4.8 liter yang mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik saja dan berlari hingga keepatan maksimal 325 km/jam berkat tenaga 552 hp yang bisa dihasilkan mesinnya.

Nissan R390

 
Selain GT-R, mobil Nissan R390 ini tidaklah bisa dikesampingkan. Di jantung mobil ini terdapat mesin 3.5 liter yang telah dilengkapi dengan twin-turbo berkonfigurasi V8. Dengan mesin tersebut, Nissan R390 dikatakan mampu berakselerasi hingga 3,8 detik untuk mencapai 0-100 km/jam. Sementara itu, tenaga 550 hp yang dikandungnya juga membuatnya mampu melaju hingga315 km/jam.

Di desain untuk berlaga di Le Mans kategori GT1 pada era 1990an, Nissan R390 tampil dengan tampang yang sangat agresif. Terlebih, mobil ini banyak dibutu oleh para kolektor berkat eksklusifitasnya. Sebab, mobil ini hanya diproduksi sebagai dua buah saja dengan satu unitnya disimpan oleh Nissan.

Mitsuoka Orochi


Mobil ini pertama kali diperkenalkan sebagai mobil konsep pada tahun 2001 hingga akhirnya Orochi diproduksi terbatas pada tahun 2006. Memiliki facia unik yang terinspirasi dari wajah ular, Mitsuoka Orochi merupakan salah satu mobil sport Jepang yang paling menarik. Tampang mobil tersebut pun tergolong sangat menyeramkan dan bahkan sempat dijuluki sebagai mobil dengan tampang mengerikan oleh LA Times.

Di jantungnya, mobil bermodel coupe 2 pintu ini mengusung transmisi otomatis 5-speed yang kemudian bersanding dengan mesin V6 berkapasitas 3,3 liter yang diambil dari Toyota. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 233 hp saat putaran mesin 5.600 rpm yang akan tampil sporty dengan sistem penggerak roda belakang alias rear wheel drive (RWD).

Sumber

Komentar