Langsung ke konten utama

Waktu Tidur Dapat Mempengaruhi Kemampuan Otak Anak



Menempatkan anak-anak untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam bisa membantu meningkatkan kekuatan dan kemampuan otaknya, menurut penemuan terbaru para peneliti dunia.
Sebuah studi terhadap lebih dari 10.000 anak-anak mengungkapkan perkembangan kognitif mereka dipengaruhi oleh waktu tidur yang tidak konsisten.

Penulis dalam laporan tersebut menguji kemampuan anak-anak untuk melakukan tugas tertentu dengan membaca, matematika, dan tes spasial kesadaran mereka.

Dan para peneliti menemukan bahwa anak yang berumur 3 tahun yang tidur pada waktu yang tidak teratur memperoleh hasil ters lebih buruk daripada anak yang berumur sama dan ditidurkan pada waktu yang sama setiap malam.

Efeknya juga terlihat pada anak perempuan 7 tahun, namun tidak pada anak laki-laki yang berumur sama. Dan juga tidak ada efek yang sama pada anak laki-laki dan perempuan berusia 5 tahun. "Tidur memiliki peran penting dan kompleks dalam pemeliharaan kesehatan dan fungsi optimal," ujar para penulis menulis dalam Journal of Epidemiologi and Community Health.

"Waktu tidur yang tidak teratur mungkin berdampak pada perkembangan kognitif dalam dua cara, melalui gangguan ritme sirkadian (perubahan fisik, mental dan perilaku) dan / atau kurang tidur dan efek yang terkait pada plastisitas otak (kemampuan otak untuk berubah dan berkembang)."

Laura Downes, seorang guru sekolah dasar untuk anak berkebutuhan khusus dari Ealing, London, memiliki rutinitas yang tetap dilakukannya untuk putri 3 tahun nya Elizabeth.
Dia mengatakan kepada Sky News, "Rutin dan teratur adalah kuncinya. Memang pada akhirnya kita perlu kaku dan bertindak sama setiap kali, namun ini merupakan cara aman untuk jangka panjang kedepan"

"Apapun yang terjadi selama hari itu ... dia tahu rutinitas yang pasti akan dijalaninya."

 Sumber

Komentar