Langsung ke konten utama

Upgrade Fitur: Facebook Graph Search


Salah satu fitur Facebook yang paling didambakan dan dirilis awal tahun ini tak diragukan lagi dalah fitur Pencarian Grafik, yang pada dasarnya membuat lebih mudah bagi siapa saja untuk menemukan teman, foto, tempat, dan banyak lagi lainnya, dan untuk sekarang ini fitur tersebut hanya tersedia untuk sejumlah pengguna saja. Hari ini, sesuai pengumuman blog Facebook, situs jejaring sosial itu akan mulai meluncurkan fitur Pencarian Grafik (kata atau huruf) untuk setiap pengguna yang menggunakan bahasa Amerika atau Inggris yang baku.

Menurut Facebook, mereka telah meningkat kecepatan fitur pencarian ini untuk memberikan hasil serta mengorganisirnya sesuai dengan relevansi. Sehingga diharapkan para pengguna sekarang dapat memperoleh hasil pencarian yang lebih baik dari fungsi dengan semakin luasnya jangkauan saat anda menginput querry dari pencarian yang akan anda lakukan. Dan fiturnya juga telah berubah dari Facebook biru ke Facebook putih, membuat anda jadi lebih mudah untuk menemukannya.


Hal pertama kami temukan dengan fitur terbaru ini adalah mengungkapkan apa saja hal ynag teman anda lakukan saat ini (hmm stalker type). Update terbaru ini telah memperluas pemahaman terhadap informasi pengguna, menyediakan daftar rekomendasi yang menyertakan daftar Orang yang mungkin saya Tahu (yang biasanya ada di sidebar), yang kini terletak di bagian atas karena jelas penggunaannya merupakan yang paling populer dalam fitur pencarian saat ini. Dan setelah anda memasukkan nama teman ke dalam kotak pencarian, anda dapat langsung memeriksa sahabat, foto-foto yang dimiliki dalam kontak tersebut.


Dan meskipun tidak segera menyarankan, anda juga dapat mencari apapun yang disukai oleh pengguna yang anda cari, seperti Music, Film, TV Shows, Buku, dan lainnya. anda juga dapat memeriksa orang-orang (dalam kasus di bawah, seorang Musisi) yang terkait dengan permintaan asli anda.
Fitur pencarian untuk menemukan restoran terdekat juga telah sedikit meningkat sedikit, kini terdapat lebih dari seribu tempat, bukan hanya seratus. Informasi yang diberikan per perusahaan juga meningkat, sehingga anda akan tidak lagi perlu untuk mencari dari sumber lainnya.

Meskipun Facebook mengatakan telah meningkatkan kecerdasan fitur pencariannya, namun mereka masih gagal untuk mengenali kalimat atau kata yang sederhana namun bagi beberapa orang dianggap penting.

Tidak peduli berapa banyak Facebook meningkatkan fungsi pencariannya, pada akhirnya fitur tersebut masih merupakan fitur yang membuatnya terlalu mudah untuk mengintip orang lain sehingga beberapa orang jadi mengetahui jenis informasi yang mungkin dianggap memalukan. 
Dengan kondisi demikian melakukan pengecekan secara langsung terus menerus juga akan membuat anda lelah. Anda juga masih belum bisa menemukan posting atau komen dalam Timeline anda, sehingga anda tak bisa begitu saja menghapus postingan yang anda share secara tak sengaja.
Sehingga untuk lebih amannya, anda mungkin dapat memanfaatkan salah satu fitur terbaru facebook yang dirancang untuk mengamankan dan memproteksi kiriman anda pada tombol set privacy seperti dibawah.  
Jadi, anda dapat tetap menggunakan fitur pencartian terbaru itu tanpa perlu khawatir dengan postingan yang anda anggap pribadi atau untuk kalangan keluarga saja.

 Sumber

Komentar