Langsung ke konten utama

Lamborghini Veneno


Inilah Lamborghini Veneno. Veneno dalam bahasa Spanyol diartikan sebagai 'poison' atau racun. Foto-foto ini awalnya terungkap dari sebuah hasil pemindaian majalah yang tidak diketahui nama dan edisinya.


Dari teks majalah tersebut, Lamborghini Veneno dijejali rangka monokok dengan mesin V12 6.500 cc seperti yang digunakan Lamborghini Aventador. Mesin tersebut dapat memuntahkan 740 tenaga kuda dengan kecepatan tertingginya mencapai 354 km/jam. Lamborghini menyebut Veneno sebagai "mobil balap yang bisa dipakai di jalan". Selebihnya, Veneno tampaknya mengambil filosofi desain dan bentuk dari mobil khusus balap Lamborghini, Sesto Elemento, dengan berbasis dari Lamborghini Aventador.


Veneno dibuat sangat ekslusif. Sebagai mobil spesial, Lamborghini hanya memproduksinya sebanyak 3 unit saja dan dijadwalkan untuk diproduksi di pabrik Lamborghini yang baru. Semua unit Lamborghini Veneno telah terjual dengan harga sekitar US$4,6 juta atau sekitar Rp45,1 miliar dalam tiga warna ikonik, yakni putih, merah dan hijau, identik seperti warna bendera Italia. 

Veneno, yang juga merupakan nama dari seekor banteng legendaris yang mulai terkenal pada 1914 yang mampu membunuh matador, dibuat untuk memperingati 50 tahun Lamborghini.


Mesin berkapasitas 6,5 liter 12 silinder  menghasilkan 750 tenaga kuda atau setara dengan kekuatan tujuh Ford Fiesta. Transmisinya tujuh percepatan manual dengan all-wheel drive permanen. Posisi diam ke 90 km/jam tak sampai tiga detik. Velg 20 inci untuk roda depan dan velg roda belakang berukuran 21 inci.


Lamborghini sebenarnya membuat empat Veneno tapi yang satu hanya sebagai kendaraan uji coba untuk tiga lainnya.

Sumber: antaranews.com dan inilah.com

Komentar